Wangon Banyumas Canangkan Germas

Wangon Banyumas Canangkan Germas

Wangon - Kecamatan Wangon melalui Puskesmas Wangon Jumat pagi (23/11/18) mencanangkan Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Pencanangan tersebut di laksanakan di hadir unsur muspika antara lain Danramil Kapten Cba Budi Prayitno, Kapolsek AKP Sutrisno Utomo, Kepala Puskesmas dr. Tulus Budi, Kepala UPK Haryoto, S.Pd, Kades Wangon Subejo dan para tokoh pegiat Germas dari 12 Desa.

Menurut dr. Tulus, Germas di harapkan dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh masyarakat terutama di Wangon dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. "Pelaksanaan GERMAS dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian."Jelasnya.

germas

Selain itu, seperti di kutip dari laman depkes.go.id, Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara antara Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. 

 

 

 

 

"Pada tahap awal, Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin. "Tambahnya.

 

 

 

"Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar, dan mencegah penyakit tidak menular . "Jelas Kepala Puskesmas Wangon tersebut.

Kemudian tentang dukungan lintas sektoral, menurutnya Germas di harapakan pula di lakukan oleh seluruh lintas yang di Kecamatan Wangon.

"Salah satu dukungan diantaranya pada pembangunan akses air minum, sanitasi, dan pemukiman layak huni, yang merupakan infrastruktur dasar yang mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat."Pungkas Tulus.

Sumber : https://www.kompasiana.com/pewarta_cokie/5bf76785bde575225f40f2a5/wangon-banyumas-canangkan-germas

Related Posts

Komentar